Udang Indonesia Terjangkit Virus, Meksiko Hentikan Sementara Impor Udang

Agen Bola

Agen Bola , Dunia Terkini , Nasional – Meksiko menghentikan impor udang dari Indonesia. Hal ini karena udang Penaeus vannamei Indonesia dikatakan memiliki virus IMN (IMNV) yang terinfeksi.

Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan (Commerce) Karyanto mengatakan IMNV termasuk dalam daftar penyakit berbahaya udang oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE). Saat ini Kementerian Perdagangan secara aktif memantau perkembangan penerapan standar kesehatan pada produk perikanan dari Indonesia.

“Negara tujuan ekspor produk perikanan Negara dari Indonesia tidak hanya membutuhkan standar kualitas produk perikanan yang masuk, tetapi juga standar kesehatan untuk masuk ke pasar mereka,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (18 / 06/2016).

Karyanto mengungkapkan, telah dikoordinasikan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan otoritas terkait, eksportir dan asosiasi mengisi kuesioner Meksiko dan mengantisipasi berwenang Meksiko terkait dengan perdagangan menyelidiki hasil verifikasi kuesioner.

Karena hasil penyelidikan akan menentukan pembukaan kembali akses ke pasar udang dari Indonesia ke Meksiko. KKP juga terus memberikan bimbingan kepada produsen udang sehingga dinormalisasi dengan penerapan sertifikasi Bagaimana Pertanian Ikan yang baik (CBIB).

Karyanto menambahkan, produk merupakan salah satu ekspor perikanan udang yang sangat baik untuk Indonesia. Oleh karena itu, kasus ini harus ditangani secara serius, karena dapat mengurangi daya saing produk dan hambatan yang menyebabkan ekspor produk udang ke pasar luar negeri.

“KKP juga diharapkan untuk terus memberikan bimbingan dan berkoordinasi dengan seluruh asosiasi produsen dan eksportir produk perikanan dari Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memenuhi standar kesehatan untuk melunakkan ekspor produk perikanan, dalam produk udang khususnya, Indonesia tetap, “kata Karyanto.

Untuk informasi, nilai ekspor produk udang Indonesia ke Meksiko pada tahun 2015 adalah US $ 254.000. Namun, dikhawatirkan adanya kasus ini akan menimbulkan efek domino negatif dari negara-negara utama tujuan ekspor Indonesia, seperti Amerika Serikat dan Jepang. Negara-negara ditakuti juga membutuhkan standar kesehatan dan sertifikasi memberikan bebas virus di produk udang Indonesia.

Adapun potensi kerugian jika ekspor udang dari Indonesia ke Amerika Serikat mengalami hambatan dalam jumlah US $ 634.500.000 dan Jepang mereka sebesar US $ 78200000000. Jika Anda melihat sebagai total semua pasar ekspor, potensi kerugian US $ 1350000000.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *