Jangan Memberi ASI Kepada Anak Bila Belum Makan

manfaat-asi-akan-terus-dirasakan-anak-hingga-dewasa

Agen Bola , Dunia Terkini , Seks & Kesehatan

Memberikan efek tenang, menyusu tetap menjadi aktivitas favorit anak meskipun sudah mulai makan. Hati-hati, salah waktu memberikan ASI bisa bikin anak malas makan.

Ya, seperti disampaikan oleh dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA atau dr Tiwi, bahwa untuk anak usia 6 bulan yang berat badannya masih kurang, sebaiknya sebelum makan jangan dulu disusui.

“Menyusui buat bayi bila sejak dilahirkan dilakukan itu seperti ‘terpatrun’ atau membentuk simpul di otak disebut sebagai ‘engram’.Semua kegiatan yang dilakukan berulang-ulang oleh bayi atau anak ribuan kali akan membentuk engram. Jadi begitu lihat ibunya aja apalagi lihat payudara udah pengen nyusu,” tutur dr Tiwi saat berbincang dengan detikHealth.

Meskipun ASI diketahui memiliki nilai gizi yang tinggi dan sehat, namun seiring pertumbuhan dan perkembangannya, anak berusia 6 bulan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Nah, nilai nutrisi ini harus dipenuhi dari makanan pendamping ASI (MPASI), tidak bisa hanya mengandalkan minum ASI saja.

Jika orang tua sudah paham betul anak susah diberikan makan, maka jangan beranggapan bahwa pemberian ASI saja sudah cukup dan malah disusui terus-menerus, terutama sebelum makan. Cara ini justru akan membuat anak semakin tidak nafsu makan dan menganggap menyusu saja sudah cukup.

“Kecuali saat bangun pagi, anak cranky kan biasanya. Biar dia tenang boleh disusui, tapi sebentar saja. Jangan lama-lama nanti dia nggak mau sarapan. Ibu sering menganggap kalau sudah menyusu maka anak tak perlu makan, ini keliru,” tutur dokter yang praktik di RS Bunda Jakarta ini.

Oleh sebab itu, melatih anak untuk tahu kapan jadwal makan dan menyusu sangat penting. Dengan begitu, kedisiplinan anak lama-kelamaan akan menjadi terbentuk.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *