Jaap Stam bermimpi Ingin Menangani United

image-4379804

DuniaTerkini , OlahRaga – Manchester United pernah punya bek kokoh bernama Jaap Stam. Terbayangkah jika suatu hari nanti Stam menjadi manajer mereka?

Stam didatangkan manajer United dahulu, Sir Alex Ferguson, pada awal musim 1998/1999 dari PSV Eindhoven. Pembelian Stam terbilang krusial mengingat kala itu, ‘Setan Merah’ kekurangan sosok tangguh di lini belakang.

Tidak perlu lama, Stam langsung menjadi andalan di lini belakang United. Ia kerap diduetkan dengan Ronny Johnsen ataupun Henning Berg sebagai palang pintu. Stam jugalah salah satu alasan United bisa meraih treble di ujung musim.

Sayang, akhir karier Stam di United tidak manis. Setelah bermain sekitar tiga musim, ia ketahuan mengkritik Ferguson di dalam biografinya, Head to Head, dan Ferguson pun berang. Pada musim 2001/2002, Stam dijual ke Lazio.

Kendati berselisih, di kemudian hari Ferguson mengakui bahwa menjual Stam adalah sebuah kesalahan.

Stam kini menjabat sebagai asisten pelatih di Ajax Amsterdam. Tahun lalu, ia sudah menyelesaikan kursus dan mendapatkan lisensi untuk melatih. Niatnya saat ini adalah menangani sebuah klub –kalau bisa di Inggris. Setelahnya, jika sudah mendapatkan cukup pengalaman, ia bermimpi menangani United.

“Pertama-tama, tujuan saya adalah menjadi manajer di Inggris. Tapi, jika saya mendapatkan pengalaman dan berhasil, saya berharap mendapatkan pekerjaan di United,” ujar Stam.

Stam sempat dikabarkan bakal menangani Ajax, seandainya Frank de Boer meninggalkan klub pada akhir musim ini. Namun, Stam menyatakan bahwa keputusannya bisa dilihat pada akhir musim nanti.

“Banyak yang bilang, saya akan menggantikan Frank de Boer ketika dia meninggalkan Ajax. Tapi, selama dia masih punya kontrak, tidak ada yang bisa dipastikan.”

“Mereka ingin saya bertahan di klub, tapi mereka tahu ambisi saya –saya ingin menangani tim utama. Saya bisa saja menunggu sampai akhir musim dan membuat keputusan berdasarkan apakah dia (De Boer) akan hengkang atau tidak. Tapi, saya bukan orang seperti itu.”

“Saya ingin mengembangkan diri dan menangani tim di Inggris. Saya sudah bilang kepada Ajax bahwa saya akan menyelesaikan kontrak saya di sini dan setelahnya, kita lihat saja musim depan,” kata Stam.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *