Ini Kata Dokter Boyke tentang Anak Yang Sudah Mengalami Masturbasi

c4

Agen Bola , Dunia Terkini , Seks & KesehatanMendengar kata masturbasi, beberapa mungkin menganggap ini sebagai sesuatu yang tabu. Aktivitas pemuasan seks oleh seseorang untuk dirinya sendiri ini sering dianggap hanya dilakukan orang dewasa. Faktanya, masturbasi juga wajar dilakukan anak-anak.

“Masturbasi oleh remaja atau bahkan anak-anak adalah hal yang lumrah. Bahkan janin dalam kandungan juga bisa bermasturbasi. Anak-anak bisa secara tidak sengaja sering memainkan alat kelaminnya dan merasakan kenikmatan, itu lumrah dan alamiah,” kata dr Boyke, ahli obstetri dan ginekologi sekaligus seksolog selebriti, saat ditemui di acara peluncuran buku edukasi seks untuk remaja

Meski lumrah, dr Boyke mengatakan bahwa suatu hari anak harus diberitahu tentang apa yang dilakukannya dan diarahkan oleh orangtua ke aktivitas lain. Hal ini penting bila masturbasi terlalu sering dilakukan dan menyebabkan anak tidak fokus pada aktivitas yang lebih penting mereka lakukan.

“Orangtua mungkin tidak perlu memberi tahu apa itu masturbasi pada anak. Tapi kalau orangtua melihat ada perubahan perilaku akibat kebiasaannya tersebut, misalnya jadi sering kurang bergairah saat belajar, prestasi buruk, maka orangtua perlu mencoba mengarahkannya pada hal positif lainnya atau memberi perhatian lebih pada anak,” lanjutnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari perilaku sesk yang berlebihan dan menyimpang, dr Boyke juga mengingatkan agar anak mendapat pendidikan seks sesuai usianya, terutama ketika mereka mulai bersosialisasi.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *