Dinosaurus Sudah Langka Sebelum Bumi Diguncang Asteroid

d5

Agen Bola , Dunia Terkini , Serba SerbiSepertinya teori yang menyebutkan kepunahan dinosaurus disebabkan asteroid yang menabrak Bumi kini mendapat jawaban. Sebuah penelitian yang dirilis di National Academy of Sciences menyatakan bahwa hewan purba itu telah lama langka sebelum Bumi ditabrak asteroid.

Paleontolog Manabu Sakamoto dari University of Reading di Inggris memimpin timnya untuk meneliti apakah asteroid membalikkan keberuntungan perkembangan kelompok hewan? Atau, apakah dinosaurus sudah berjuang hidup dan efek mengganggu asteroid mendorong kepunahan mereka? Atau, apakah dinosaurus punah dengan sendirinya?

Para ahli ini meneliti tiga pohon keluarga dinosaurus besar untuk mencari bukti saat kepunahan mulai melebihi penampilan spesies baru. Mereka menemukan bahwa kepunahan untuk sebagian kelompok dinosaurus mulai terjadi sekira 50 juta tahun sebelum asteroid.

Dua kelompok lainnya menunjukkan peningkatan daripada penurunan. Jika hasil mereka dimasukkan, waktu keseluruhan untuk memulai penurunan dinosaurus menyusut menjadi 24 juta tahun sebelum kematian akhir.

Kelompok yang menurun jumlahnya saat itu termasuk karnivora berkaki dua seperti T-rex dan sauropoda. Sebaliknya, dinosaurus lain seperti triceratops, punya kelompok yang sedang bangkit.

Hasil ini mendukung gagasan bahwa serangan asteroid mendorong kelompok menuju kepunahan, bukannya dinosaurus memang akan punah sendiri. Dia juga mencatat bahwa satu kelompok menurun masih hidup dalam keturunannya, yaitu burung masa ini.

Sekadar diketahui, asteroid pembunuh itu diperkirakan telah melanda pantai Semenanjung Yucatan, Meksiko; dan menciptakan kebakaran hutan yang meluas dan asap yang sangat lama yang menghalangi sinar matahari, serta mengubah iklim.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *