Benarkah Sabun Bisa Mengganggu Fungsi Ereksi?

cara-membentuk-otot-perut

Dunia Terkini , Seks & Kesehatan Salah satu senyawa dalam sabun antibakteri diklaim bisa mengganggu fungsi ereksi pada laki-laki. Berbagai penelitian mengaitkannya dengan produksi hormon seksual.

Triklosan, demikian senyawa tersebut dinamakan, pernah begitu populer sebagai bahan aktif sabun antibakteri. Belakangan, Food and Drug Administration (FDA) menyebut berbagai klaim tentang manfaat triklosan sebagai pembasmi kuman tidak terbukti.

Tahun 2008, sebuah penelitian di Oxford Journal of Toxicology Sciences mengaitkannya dengan gangguan produksi hormon. Pada tikus, paparan pada konsentrasi 5 ml per 100 mg berat badan menurunkan kadar testosteron, yang dikenal sebagai hormon seks laki-laki.

Pada manusia, kadar testosteron yang rendah bertanggung jawab pada gangguan fungsi seksual. Di antaranya libido rendah, testis mengecil, produksi sperma berkurang, dan yang paling ditakutkan oleh para laki-laki adalah susah ereksi.

Efek triklosan pada tikus belum tentu muncul pada manusia, sehingga penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengungkapnya. Yang pasti, kandungan triklosan pada produk-produk sabun antibakteri wajib dicantumkan dalam labelnya. Jadi bagi para pria disarankan untuk lebih berhati-hati.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *